Cara Membuat Tempe Kemul Khas Wonosobo

Tempe kemul adalah salah satu kuliner khas kabupaten wonosobo yang gurih dan enak. Nama tempe kemul yang berarti "Selimut" tempe ini nikmat dijambal dalam keadaan masih panas untuk menghangatkan dinginnya kota wonosobo. Ada yang menyamakan tempe kemul ini dengan tempe mendoan namun pada kenyataannya kedua gorengan tempe ini berbeda.

Tempe mendoan merupakan tempe goreng khas banyumas yang dibuat dari tempe jiplung dari segi bumbu kedua gorengan juga memiliki perbedan, tempe kemul umumnya menggunakan kunyit dan digoreng kering sedangkan mendoan tidak menggunakan kunyit tapi menggunakan ketumbar dan digoreng setengah matang. Untuk membuat tempe kemul cukup mudah dan sederhana, berikut resep membuat tempe kemul khas wonosobo.

Resep Membuat Tempe Kemul Istimewa
resep tempe kemul wonosobo enak dan gurih

Bahan Tempe Kemul
tepung terigu 75 gr
tepung tapioka 30 gr
tempe 300 gr ( potong jadi 12)
kucai 30 gr
Santan 200 ml
minyak goreng untuk menggoreng

Bumbu tempe kemul ( haluskan )
ketumbar 1 sdt
bawang putih 3 buah ( iris halus )
kemiri 4 butir
kunyit 1 cm
kencur 1/2 sdm
garam 1 sdt

Cara membuat tempe kemul
  • Campurkan tepung terigu, tapioka dan santan kemudian tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk rata. Tambahkan irisan kucai, aduk rata kembali, sisihkan.
  • Ambil tempe yang sudah dipotong celupkan kedalam adonan tepung lalu goreng dalam minyak hingga matang kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
Sajikan tempe kemul ini selagi panas dengan cabe rawit. Selamat mencoba resep tempe kemul wonosobo, Bagi anda pecinta kuliner indonesia jangan lupa untuk mencoba juga resep sosis solo. Semoga bermanfaat.