11 Tips Mudah Membuat Kue Kering Renyah dan Enak Dijamin Sukses

Kue kering memang sangat digemari karena rasanya yang renyah. Tak ayal kue ini sering kali menjadi hidangan wajib untuk berbagai macam acara. Membuat aneka kue kering sudah menjadi tradisi tak hanya menjelang lebaran. Kue ini cocok dijadikan cemilan maupun disajikan untuk tamu. Siapa si yang tidak suka sama aneka kue kering dari nastar yang lembut, kastengel yang gurih, lidah kucing yang renyah, kue coklat yang manis... Kue kacang yang renyah...

aneka kue kering spesial lebaran dan idul fitri

Kita bisa membeli kue kering atau membuat aneka kue  kering sendiri. tapi pastinya lebih asik kalau kita bikin kue kering sendiri. Sayangnya kadang kita ragu ragu kalau ingin membuat kue kering. Takut gagal, takut gak enak, takut ini, takut itu... wah jadinya gak jadi bikin deh. Tidak perlu takut kalau pengen membuat aneka kue kering yang enak dan renyah dan dijamin sukses, semakin banyak mencoba nanti juga bakal bisa, Nah tips membuat kue kering enak dan renyah ini bisa menjadi acuan sebelum kita membuat aneka kue kering.

1. Sebelum buat kue kering, pastikan semua peralatan dan bahan disiapkan terlebih dahulu. Timbanglah bahan kue kering sesuai kebutuhan.

2. Untuk loyang, gunakan loyang khusus untuk kue kering, yaitu loyang yang berdinding rendah. Loyang berdinding tinggi umumnya loyang yang digunakan untuk kue basah.

3. Untuk hasil kue kering yang terbaik, maka pastikan bahwa bahan yang digunakan merupakan bahan yang terbaik pula. Penggunaan bahan akan sangat berpengaruh penampilan, rasa dan aroma kue kering. Pilih bahan sebaik mungkin dan bukannya semurah mungkin. Merenyahkan Kue Kering Yang Mengeras

4. Gunakan tepung terigu dengan kadar protein yang rendah. Tepung terigu berprotein rendah akan membuat hasil kue kering menjadi lebih renyah karena dalam pembuatannya tidak akan membentuk gluten.

5. Tepung berprotein rendah merupakan tepung yang sesuai untuk dicampur dengan lemak dalam berbagai bentuk seperti margarin atau mentega. Dalam proses pembuatan kue kering Kebanyakan resep kue kering memang menggunakan tambahan lemak.

Jika tepung terigu yang diguunakan cukup banyak, masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan kue agar tercampur dengan lebih sempurna.


7. Untuk mengocok margarin maupun mentega dengan gula, lakukan cukup 3 menit saja. Jangan terlalu lama hal ini justru akan membuat lemak meleleh dan kue yang melebar ketika dipanggang di Oven, sehingga hasilnya kurang menarik

6. Jika ingin membuat adonan kue kering yang lembut dan mudah untuk dicampur, sebaiknya ayak terlebih dahulu tepung terigu, soda kue, baking powder, garam, gula halus, dsb. Hal ini untuk menghindari gumpalan dari campuran bahan bahan tersebut seperti tepung ketika sedang menikmati hasil kue kering yang kita buat.

8. Jangan memasukan mentega bersamaan dengan bahan kering sekaligus. paling tidak bagi mentega menjadi 3 bagian, lalu masukan mentega secara bertahap. Aduk semua bahan kue kering dengan pisau pasty atau sendok kayu secara pelan pelan agar hasilnya renyah dan tidak keras. Sebaiknya jangan diuleni pakai tangan karena akan membuat kue kering menjadi keras.

10. Saat memanggang pastikan suhu dan waktu sesuai dengan kebutuhan. Meski suhu telah diatus, kita harus tetap memeriksanya sesekali. Selain karena suhu dan waktu, proses dan posisi pemanggangan juga dapat mempengaruhi tingkat kematangan.

11. Selain proses dan cara membuat kue kering yang tepat, hal lain yang perlu kita perhatikan adalah proses penyimpanan kue kering agar tetap renyah dan tahan lama. Untuk lebih jelasnya Baca Cara menyimpan kue kering agar tetap renyah dan tahan lama.