6 Sisa Bahan Makanan Ini Bermanfaat Bagi Kesehatan Tapi Sering dibuang

Ketika mengolah bahan makanan tentu ada bagian dari bahan makanan tersebut yang kita buang. Entah karena memang tak berguna atau kita saja yang tidak tahu apa kegunaan dan manfaat dari sisa bahan bahan makanan tersebut. Padahal ada beberapa bagian dari bahan makanan yang biasanya dianggap tak memiliki manfaat tapi Ternyata sisa bahan makanan yang sering kita buang tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja sih sisa bahan makanan yang ternyata dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Berikut info selengkapnya

bahan bahan makanan<

1. Pucuk daun seledri
Pucuk daun seledri mengandung vitamin c serta magnesium untuk pembentukan otot dan kalsium yang baik untuk kekuatan tulang. Jadi manfaatkan pucuk daun seledri ini untuk taburan pada sayur seperti aneka sop sayuran misalnya.

2. Kulit Jeruk
Seorang konsultan dari Ayurvedic, Dr Jaishree Bhattacharjee, mengungkapkan kulit jeruk dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan, menghilangkan mulas, gas, mual, muntah serta bisa mengonrol kadar asam dan juga meningkatkan nafsu makan.

Selain bermanfaat untuk sistem pencernaan, bubuk kulit jeruk juga bermanfaat untuk memperbaiki sistem pernapasan, meringankan batuk, dan juga asma. Manfaat kulit jeruk tersebut berasal dari kandungan minyak esensial yang ada di dalamnya. Minyak esensial ini bersifat anti mikroba dan anti inflamasi yang berguna untuk meredakan asam lambung, menjaga gerakan usus agar tetap normal dan meningkatkan fungsi hati. Selain itu kulit jeruk dapat melarutkan kolesterol.

3. Daging Kulit Semangka
Biasanya orang orang hanya memakan semangka bagian merahnya saja, padahal kandungan daging kulit semangka yang bewarna putih ini kaya akan asam amino yang dapat membantu aliran darah..
Anda bisa mengkonsumsi daging kulit semangka ini dengan di jus bersama strawberi atau jus melon untuk membuatnya menjadi minuman yang menyegarkan.

4.Daun Brokoli
Kalsium, Vitamin A dan juga Vitamin C banyak terdapat pada daun brokoli, jadi tak ada masalah ika anda memasukkan daun brokoli ini kedalam menu masakan harian anda. Hal ini diungkapkan oleh penulis buku 'Eat Your Way to Happiness'. Elizabeth Somer, RD.

5. Biji Melon Jingga
Menurut Leslie Bonci, MPH, RD, director of sports nutrition di University of Pittsburgh Medical Center, biji melon jingga memiliki kandungan protein, magnesium serat, serta vitamin E yang tinggi.
Oleh karenanya, kalau anda mau, saya sarankan untuk memanfaatkan biji melon jingga dengan cara dipanggang dalam oven lalu dicampur dengan sedikit minyak zaitun untuk cemilan.

6. Kulit Bawang
Bawang merah mempunyai anthistamin karena kandungan quercetin di dalamnya. Menurut seorang ahli obat-obatan dari Johns Creek GA, Amerika, dr Jonathan Stegall, salah satu sumber quercetin banyak terkandung di kulit bawang merah. quercetin ini adalah antioksidan yang bisa melpaskan zat kimia, histamin yang bisa menyebabkan alergi.

Quercetin bisa melebarkan pernafasan sehingga ampuh untuk membantu meredakan asma. selain itu quercetin dipercaya dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menurunkan tensi darah.
Anda bisa mengkonsumsi kulit bawang merah untuk mendapatkan mnfaat dari quercetin ini. Campur kulit bawang merah yang telah dicuci bersih kedalam kaldu atau rebusan masakan anda lalu sisihkan kulit bawang saat akan dihidangkan.

Demikian info sisa bahan bahan makanan yang ternyata memilik banyak manfaat bagi tubuh kita. semoga bermanfaat.