Basmi Virus Di Android


Tentang Android
android sendiri adalah sbuah sistem operasi atau operating sistem pada sebuah semartphone yang basenya berasal dari linux, mengenai android sendiri sebuah sistem operasi dengan perkembangan yang begitu pesat bahkan sekarang hampir semua vendor handphone menggunakan OS tersebut, tidak luput darinya handphone yang kelasnya mendunia Nokia,Sony dan lain sebagianya.

Sejarahnya
Android pada awalnya dikembangkan oleh android,inc dengan dukungan finansial dari google dan kemudian dibeli oleh google pada tahun 2005 dan dirilis resmi pada tahun 2007. Serta mulai beredar dipasaran pada tahun 2008. Apakah kalian tahu siapa atau vendor apa yang pertama kali menggunakan sistem operasi android? Mungkin sebagian dari kita menebak samsung atau sony ericsson, Ternyata HTC lah pengguna OS android pertama kali dan bahkan saya sendiri tidak tahu hingga saya menulis artikel ini. Berhubungan dengan pesatnya perkembangan OS android banyak tangan tangan jahil yang sengaja mencari keuntungan dibalik naikdaunnya OS android dengan membuat virus-virus yang membuat mereka dapat membaca data pribadi kita jadi waspadalah dan hati hati. Namun berikut kami akan mencoba memberikan tips agar android kalian tidak terkena virus dan kawan-kawannya.

Cara membersihkan virus pada android

1. Install antivirus
Jika android kalian sudah terkena virus lebih baik segera menginstallnya dan kemudian scan handphone android anda dengan antivirus, tingkatan ini untuk yang belum terlalu parah virusnya. Namun menurut saya pribadi antivirus tidak begitu penting jika kita tidak asal asalan klik, download dan install aplikasi di internet yang bukan dari penyedia layanan Google Play. Saran bagi kalian yang kurang mengerti sebaiknya installah aplikasi melalui penyedia layanan google play.

2. Uninstall aplikasi yang tidak terpakai atau tidak penting
Tahap ini kalian harus sedikit teliti karena mungkin yang kita lihat tidak terpakai adalah aplikasi bawaan vendor. Namun tenang biasanya aplikasi yang dapat di uninstall adalah aplikasi tambahan atau hanya aplikasi pelengkap saja.
Untuk cara uninstall aplikasi masuk ke Setting > Apps > Download cari aplikasi yang tidak penting dan unninstall saja. Jika handphone anda masih terasa lemot atau bahkan aplikasi yang sudah kita unnistall ternyata masih ada lakukan tahap berikut.

3. Reset pengaturan awal
Jika dua cara diatas tidak membuahkan hasil lakuhkanlah reset handphone sobat ke pengaturan awal. Apa manfaatnya tentu banyak mengembalikan semua ke default pengatura awal atau bisa dibilang agar hp kita seperti baru kita beli. Jangan lupa lakukan Backup data data penting anda. Semisal kontak sms foto di internal memori.
Untuk caranya silahkan masuk ke pengaturan > Privasi > Reset Data pabrik ingat cara setiap handphone kadang berbeda bagi yang kebingungan silahkan tanya di komentar.

Jika cara yang ketiga masih gagal handphone android anda sudah terkena virus yang berat dan harus lakukan install ulang. Silahkan hubungi konter terdekat atau bisa juga coba coba cara di google.

Semoga bermanfaat dan silahkan tinggalkan komentar


12 komentar

Author
avatar

Wah mantap, makasih atas informasinya

Balas
Author
avatar

wahh.. *langsung uninstall app ga penting*

Balas
Author
avatar

virus android emangnya ada ya? wah saya kira android gak ada virus

Balas
Author
avatar

padahal android berbasis os linux yang dasarnya open source tapi kok masih sering aja ya si virus nyantok :) thanks saran nya mas :)

Balas
Author
avatar

Untung saya sudah hapus aplikasi yang tidak jelas , ty infonya gan :)

Balas
Author
avatar

hp saya skrng sdh bebas virus, makasih infonya mas :D

Balas
Author
avatar

hp saya skrng sdh bebas virus, makasih infonya mas :D

Balas
Author
avatar

sama sama gan sering2 mampir ya :D

Balas
Author
avatar
Balas
Author
avatar

ada gan.tapi asal gak install sembarang app mah ga bakal kena gan :)

Balas
Author
avatar

lah maklum gan tangan tangan jail dimana mana :D , sama2 gan

Balas
Author
avatar
Balas