Pengertian Dan Fungsi Safemode Pada Windows

Safe mode adalah pilihan simple untuk menjalankan Windows dalam keadaan terbatas yang biasa digunakan untuk mengindentifikasi masalah-masalah ketika kita menjalankan windows dalam keadaan biasa. Karena hanya file dasar dan driver dasar yang diperlukan untuk menjalankan Windows dalam keadaan Safemode. Kata-kata Safe Mode muncul di sudut kanan bawah monitor untuk mengidentifikasi modus Windows yang di gunakan. 

Jika masalah yang ada tidak muncul ketika Anda mulai dalam Safemode, Anda dapat memberi pengecualian pada pengaturan default dan driver dasar perangkat sebagai kemungkinan penyebab terjadinya kerusakan.

Jika Anda tidak tahu penyebab masalah, Anda dapat menggunakan proses eliminasi untuk membantu anda menemukan masalah. Dengan cara mencoba mulai semua program yang biasa digunakan, termasuk program dalam folder Startup Anda, satu per satu untuk melihat apakah program mungkin menjadi penyebab masalah atau tidak.
Jika kita tidak menemukan masalah yang ada ketika menggunakan safe mode kita bisa menggukan sistem restore sebagai alternative lain untuk mengidentifikasi kerusakan yang terjadi pada leptop kita.
Manfaat
·         Meng-Uninstall software yang dapat menyebabkan komputer hang, error dan sebagainya. Kadang setelah di menginstall aplikasi tertentu dapat menimbulkan masalah pada Windows, dan terkadang kita tidak bisa menguninstall melalui mode biasa dan gunakan Safe Mode sebagai alternativenya.
·         Memeriksa loading komputer yang lambat. Dengan cara menonaktifkan fungsi autoruns, ketikan MSCONFIG di menu Run(Windows + R), untuk menjalankan Sistem Configuration Utility, jika sudah tampil dipilih melalui tab Startup.
·         Memeriksa permasalahan dengan tampilan grafik windows (VGA). Ketika tampilan windows bermasalah, bisa di cek dengan memilih “Enable VGA Mode”, jika berhasil dan tidak melihat masalah, kemungkinan masalah di driver VGA.
·         Menghapus file/virus yang tidak bisa melalui mode biasa. Sebagian antivirus masih bisa dijalankan di safe mode, dan bisa dicoba scan melalui safe mode. Kadang virus tidak berjalan di safe mode, meski banyak juga yg bisa berjalan/atif meski di Safe Mode.
·         Menjalankan System Restore jika sebelumnya diaktifkan, sehingga kondisi sistem bisa dikembalikan ke keadaan sebelumnya.
·         Menjalankan berbagai fitur dari Control Panel, Administrative tools dan sebagainya.
·         Membuka Registry Editor, baik untuk memeriksa maupun untuk mengedit sebagian isinya.


Semoga bermanfaat tinggalkan komentar :D

7 komentar

Author
avatar
Balas
Author
avatar
Balas
Author
avatar

Berguna kalau ada Virus yaa.. (y)

Balas
Author
avatar

iya gan memang ada yang jalan virus kalau di safe mode,vga buat itu ya gan

Balas
Author
avatar

thanks Gan info nya bermanfaat :)

Balas
Author
avatar

kalo mode safe mode gak bisa kebuka gimana gan....?

Balas
Author
avatar
Balas