Mempartisi Hardisk Tanpa Software Pada Windows 10

Apa itu Harddisk

Harddisk adalah salah satu perangkat keras komputer yang fungsinya untuk menyimpan data foto,video,musik dan sistem operasi serta lain sebagainya. Jikalau prosessor bisa dibilang otaknya , harddisk bisa dibilang jantungnya mengapa saya perumpamakan demikian, karena leptop atau komputer tanpa adanya harddisk bukanlah apa apa. Bisa dibilang harddisk adalah salah satu perangkat penting bagi komputer yang bersandingan dengan RAM.secara ilmiah Harddisk adalah perangkat keras sistematis yang berfungsi untuk menyimpan data. Data yang sudah tersimpan didalam harddisk tidak akan hilang meskipun user mematikan komputer tersebut.
Mungkin sudah cukup pengertian harddisk lanjut ketopik pembahasan cara membuat partisi baru pada harddisk.

Fungsi membuat partisi baru

mungkin bagi sebagian orang memang tidak memerlukan partisi banyak, mereka hanya membutuhkan 2 partisi saja yaitu partisi Disk C(System) dan partisi Disk D (Data), namun bagi saya mungkin memerlukan banyak partisi, dengan alasan pribadi data data yg banyak tercampur berserakan dimana-mana dan salah satu fungsi pentingnya misalkan terjadi badsector pada hardisk tidak banyak file yg terhapus atau corrupt. mengenai apa itu bad sector dan cara mengatasinya silahkan baca .

Cara

1. Silahkan buka Disk Management dengan cara masuk ke windows explore lalu klik kanan pada thisPC atau MyComputer pilih Manage.

2. Kemudian pada jendela kiri terdapat daftar menu pilih disk management


3. Kemudian pilih disk yang ingin kita partisi, misal sebagai contoh saya ingin mempartisi disk E(MASTER). Klik kanan pada disk E lalu pilih shrink volume.

4. Kemudian keluar jendela shrink volume masukan berapa besar harddisk baru yang ingin kamu buat pada kolom enter the amount of space to shrink in MB maksud dari kata-kata ini kurang lebih silahkan masukan besar hardisk baru yang ingin kita buat dalam satuan MB sebagai contoh saya akan membuat partisi baru dengan besar 50GB maka saya tuliskan 51200 mengapa saya tulis demikian dan bukan di tulis 50000, Karena pada satuan GB(Gigabyte) 1GB = 1024MB(Megabyte) jadi jika kita ingin membuat 50GB silahkan kalikan angka 50 dengan 1024 begitu juga jika kita ingin membuat 100GB maka kita tulis 102400MB. Setelah itu klik tombol Shrink.

5. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini dengan space 50GB namun tulisannya masih unallocated yang berarti belum dialokasikan atau belum dibuat istilah mudahnya. Nah sampai disini kita sudah berhasil memisahkan 50GB dari partisi E(master).


6. Agar 50GB tadi yang kita buat masuk ke disk pada explore maka silahkan klik kanan pada partisi unallocatednya. Pilih new simple volume, muncul jendela pembuatan partisi klik next hingga finish. Nah sekarang silahkan cek apakah partisi baru yang kita buat sudah muncul di explore.




silahkan lihat tutorial video di bawah untuk lebih jelasnya :D




6 komentar

Author
avatar
Balas
Author
avatar

oh gini toh caranya , makasih banyak nih gan, nambah ilmu ane hihihi

Balas
Author
avatar

Thanks gan caranya ane masih baru nih pake win 10

Balas
Author
avatar

Mantap gan! buat jaga jaga kalo mau ke win 10

Balas
Author
avatar
Balas
Author
avatar
Balas