Dijual Rp 13 Juta, Ini Total Harga Komponen iPhone X


10 tahun kehadiran iPhone dirayakan oleh Apple dengan merilis iPhone X. Di antara ketiga iPhone yang diluncurkan bersamaan, 12 September 2017, iPhone X adalahseri yang sangat diunggulkan.

iPhone X sendiri dirasakan sebagai masa mendatang dari suatu smartphone sekaligus lompatan besar untuk seri iPhone yang ada ketika ini.

Saking spesialnya, iPhone X yang masa pre-order-nya dilaksanakan mulai 27 Oktober ini dibanderol dengan harga termurah US$ 999 atau selama Rp 13 jutaan. Namun, apa iya total harga semua komponen smartphone terbaru Apple ini semahal itu?
Tampaknya urusan ini terjawab dengan sebuah penyelidikan yang dilaksanakan oleh seseorang dari industri smartphone di Tiongkok. Yang sangat mengejutkan, ternyata harga komponen-komponen iPhone X jauh lebih rendah dikomparasikan banderol harga iPhone X.

Mengutip GSM Arena, Senin (18/9/2017), harga total komponen iPhone X diperkirakan hanya US$ 412,75 atau Rp 5,5 jutaan. Dengan demikian harga semua komponen iPhone X 60 persen lebih murah dikomparasikan harga jualnya.
Berdasarkan rincian harga per komponen iPhone X, komponen yang sangat mahal ialah layar OLED yang diproduksi oleh Samsung, yaitu US$ 86 (sekitar Rp 1,4 jutaan) per unit.
Sementara, komponen beda yakni kenangan NAND berkapasitas 256GB dibeli dari Toshiba ekuivalen US$ 45 (sekitar Rp 600 ribuan). RAM 3GB yang tersemat pada iPhone X dibeli ekuivalen US$ 24 (sekitar Rp 320 ribuan) per unit.

Kinerja iPhone X ditunjang dengan chipset A11 Bionic yang dikembangkan oleh TSMC dengan teknologi 10nm process. Per unitnya, chipset A11 Bionic dipasarkan US$ 26 (sekitar Rp 346 ribuan). Lain lagi dengan modem pada iPhone X yang dibeli dari Qualcomm dengan harga US$ 18 (sekitar Rp 240 ribuan).
Adapun komponen sensor 3D yang digunakan pada iPhone X harganya US$ 25 (sekitar Rp 333 ribuan). Sementara, kaca di panel depan iPhone X dibanderol US$ 18 (sekitar Rp 240 ribuan).

Satu urusan yang butuh diperhatikan, walaupun harga semua komponen iPhone X terbilang paling murah dikomparasikan harga jualnya, harga itu belum tergolong dengan ongkos produksi, logistik, dan yang sangat terpenting upaya penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan Apple untuk menciptakan iPhone X.
(Tin/Ysl)