Menhub Targetkan anggaran 93% untuk tahun ini


Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menekankan target realisasi kekuatan serap anggaran Kementerian Perhubungan (Kemehub) tahun 2017 sebesar 93%. Angka ini di atas rata-rata kekuatan serap nasional yakni sebesar 90%.

Ia berkeinginan pada tahun ini semestinya lebih bagus dari tahun sebelumnya, yakni dengan meningkatkan realisasi kegiatan dan realisasi kekuatan serap anggaran yang transparan dan akuntabel.

"Tahun lalu kita hanya mencapai 84%, rata-rata nasional 90%, jadi kita di bawah rata-rata. Tahun ini kita menargetkan penyerapan kita di atas 90% yakni 93%, karenanya bagi pejabat-pejabat yang baru saja dilantik tentunya mendapatkan tugas untuk segera mengkonsolidasikan dan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat," kata beliau dalam rilisnya, Jakarta, Sabtu (16/9/2017).

Menhub mengatakan, seharusnya dilakukan introspeksi terkait penyerapan kekuatan serap anggaran Kemenhub tahun lalu yang hanya mencapai 84%. Untuk itu, Ia berpesan terhadap pejabat yang baru dilantik supaya melecut diri dan lebih motivasi dalam bekerja sehingga lebih produktif lagi.

"Penyerapan berbanding lurus dengan pertumbuhan nasional. Karena  jikalau penyerapan  kita menjadi 93%-94%, maka kita memberikan sesuatu yang bagus bagi pertumbuhan nasional. Untuk itu kita akan bedah satu-per satu ketidaktercapaian tahun lalu itu karena apa " tuturnya.

Sebagai info hingga 14 September 2017 realisasi daya serap Kemenhub mencapai 41,47%. Guna meningkatkan daya serap maka langkah-langkah yang dilakukan Kemenhub yakni melakukan identifikasi kegiatan yang tidak dapat dilakukan semisal kendala lahan, kendala amdal, dan lain sebagainya.

Kemudian, melakukan optimalisasi dan realokasi terhadap kegiatan yang tidak dapat dilakukan, mengusulkan pelaksanaan Buka Blokir anggaran, dan langsung mengumumkan pelelangan tidak mengikat terhadap kegiatan yang masih dalam pengerjaan revisi anggaran.


Kecuali itu,  segera melakukan pembayaran terhadap kegiatan yang sudah selesai jatuh termin tanpa harus menunggu batas akhir tahun, dan membuat prognosa penyerapan anggaran per minggu sampai posisi akhir tahun.